E
– COMMERCE
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
DISUSUN
OLEH:
Zakiy
Giananda P (C1C013038)
M.
Wisnu Kusuma (C1C014052)
Widyarini
Pangesti (C1C014062)
Arine Zada
Auralia (C1C014119)
Fabelio adalah suatu portal web
dalam bidang furnitur yang menghubungkan antara pembeli dan penjual berbagai
macam furniture.
Tipe E-Commerce : Tipe E-Commerce
Fabelio adalah Business to Cunsomer, karena memberikan fasilitas kepada produsen
untuk menjual barangnya kepada konsumen dan memberikan fasilitas kepada
konsumen/individu untuk membeli barang dari produsen.
Bisnis modelnya adalah market
creator, karena memberikan tempat kepada produsen dan konsumen untuk melakukan
jual beli melalui website tersebut.
Sumber pendanaannya adalah dari
transaction fee
Alibaba adalah adalah salah satu
E-Commerce yang besar dan terkenal. E-Commerce ini berasal dari Negara China
dan CEO dari Perusahaan ini adalah salah satu orang terkaya di China yang
bernama Jack Ma.
Tipe E-Commerce dari Alibaba
adalah Business to Cunsomer karena menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan
menengah kepada konsumen.
Bisnis
Modelnya adalah market creator karena membuat pangsa pasar bagi para produsen
yang tidak memiliki pangsa pasar.
Sumber pendanaanya adalah
transaction fee, apabila terjadi transaksi online.
iHerb adalah pengecer obat secara
online yang berpusat di California.
Tipe E-Commerce dari iHerb
sendiri adalah Business to Consumer karena iHerb sendiri menjual barang
dagangannya langsung kepada konsumen.
Model bisnis dari iHerb adalah
E-tailer, karena menjual barang dagangannya secara online khususnya
obat-obatan.
Sumber pendanaan dari iHerb
sendiri adalah sales revenue, karena e-Commerce ini menjual barang dagangannya
langsung ke konsumen.
4.
ColetteLola ( www.colettelola.com )
ColetteLola adalah suatu portal web
dalam bidang dagang yang menghubungkan antara pembeli dan penjual.
Colettelola.com
merupakan e-commerce dengan tipe B2C. Mengapa B2C? karena ColetteLola melakukan
bisnis secara langsung kepada konsumennya. Dimana ColetteLola berperan sebagai
yang memasarkan/menjual produk atau jasanya sedangkan konsumen tersebut
berperan sebagai pembeli.
Model
bisnis ColetteLola adalah market creator, karena memberikan tempat kepada
produsen dan konsumen untuk melakukan jual beli melalui website tersebut.
Sumber pendanaan ColetteLola adalah
transaction fee.
5.
Amazon ( www.amazon.com )
Amazon adalah sebuah perusahaan perdagangan
elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle,
Washington,
Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer
daring terbesar
di dunia.
Amazon.com
merupakan e-commerce dengan model B2C, karena melakukan bisnis
secara langsung kepada konsumennya melalu website. Dimana Amazon berperan
sebagai yang memasarkan/menjual produk atau jasanya sedangkan konsumen tersebut
berperan sebagai pembeli.
Model bisnis Amazon adalah E-tailer
dan Market Creator. Amazon.com melayani konsumennya 24 jam melalui jaringan
internet.
Pendanaan amazon.com adalah
perusahaan yang menggunakan diversified revenue model. Pada awalnya Amazon.com
berdasarkan pada sales revenue model. Amazon.com saat ini juga sudah
menggunakan advertising revenue model, dimana perusahaan bayar biaya iklan
terhadap produk tertentu. Amazon.com sekarang ini juga sudah termasuk dalam
subscription revenue model, dimana juga menjual majalah dengan pembayaran
dimuka (magazine subscriptions). Amazon.com juga termasuk kedalam
affiliate revenue model, dimana partner dari Amazon.com dan perusahaan membuat
(produce) berbagai macam produk seperti elektronik dan pakaian,
menciptakan penjualan dari produk dan menerima persentase dari penjualan produk
tersebut.
6.
Nida Rooms ( www.nidarooms.com )
Nida Rooms adalah pelopor untuk
layanan web portal hotel budget bintang tiga kebawah di Indonesia. NIDA Room
menawarkan fasilitas yang bisa diakses melalui website dan aplikasi selular di
seluruh Indonesia. Melalui konsep web portal hotel budget, NIDA Rooms bakal
membantu mitra hotel dalam mengoptimalkan bisnis mereka dengan melengkapinya
dengan fasilitas amenities dasar, memberikan pelatihan, melakukan standardisasi
dan kemudian menjualnya kepada konsumen dengan harga terbaik.
Nidarooms.com merupakan e-commerce
dengan model C2B, karena Nida Rooms menawarkan berbagai macam hotel kepada
konsumen. Hotel - hotel yang ditawarkan oleh Nida Rooms merupakan Mitra
kerjasama.
Model bisnis nidarooms.com adalah
e-tailer . Mengapa E-tailer? Karena bergerak dengan memanfaatkan jaringan
internet sehingga dapat berbelanja 24 jam dan dengan menyediakan harga yang
murah dibandingkan menyewa langsung melalui hotel terkait.
Pendanaan nidarooms.com adalah
sales. Karena nidarooms menawarkan kamar dari mitra kerjasama kepada konsumen.
7.
Mcdelivery ( www.mcdelivery.co.id )
Mcdelivery
adalah kemudahan dalam pesan antar menu favoritmu di mc donald, waktu
pengiriman sekitar 20-30 menit.
Tipe
e-commerce mcdelivey adalah Business-to-Consumer (B2C)yaitu model E-Commerce dimana
proses bisnis dijalankan dari pebisnis/perusahaan langsung pada customer.
Bisnis
modelnya adalah E-Tailer yaitu kegiatan retail yang dilakukan memanfaatkan
jaringan internetuntuk mengorganisasikan produk yang akandijual dalam bentuk
katalog produk yang di tempatkan pada halaman website. Model bisnis e-tailernya
adalah click and mortar karena menjalankan bisnisnya secara offline dan
online.
Pendapatan
diperoleh dari sales revenue, suatu model yangmengandalkan proses jual beli.
8.
Melisssa ( www.shopmelissa.com )
Melissa
adalah perusahaan yang menjual jelly shoes dengan model-model yang uptode
sesuai dengan perkembangan jaman.
Tipe
e-commerce: Business to consumer (B2C) yaitu memasarkan produknya melalui
bisnis online mencari untuk menjangkau konsumen individual tanpa melibatkan
perantara seperti distributor, pedagang grosir dan lainnya.
Bisnis
model: E-Tailer, Kegiatan retail yang dilakukan memanfaatkan jaringan internet
sehingga konsumen tidak perlu keluar rumah dan dapat berbelanja 24 jam.
Pendapatan
yang diperoleh berasal dari Sales revenue model. Business model jenis ini
mengandalkan proses jual beli yang murni
karena mereka tidak merima pendapatan dari iklan atau lain sebagainya.
9.
Victoria secret ( www.victoriassecret.com
)
Victoria
secret adalah perusahaan yang menjual pakaian dalam wanita dan berfokus pada
barang yang memiliki kategori terbatas, toko ini juga menyediakan pelayanan yang
sangat baik.
Tipe
e-commerce: business to consumer b2c
yaitu memasarkan produknya melalui bisnis online mencari untuk
menjangkau konsumen individual tanpa melibatkan perantara seperti distributor,
pedagang grosir dan lainnya. Tipe ini berarti hanya terdapat satu penjual.
Bisnis
modelnya adalah E-Tailer yaitu toko
online memanfaatkan jaringan internet yang retail, dengan
menyediakan katalog langsung online dari perusahaan dengan harga produk yang
lebih murah dibanding membeli di toko.
Pendapatan
hanya diperoleh dariSales revenue model yaitu jumlah uang yang diterima oleh
perusahaan dari hasil penjualan produk yang berkualitas dan limited
edition.
10. Joox ( www.joox.com/id/en/ )
Tipe
sistem transaksi yang dipakai oleh joox adalah Business to Consumers (B2C).
Joox menggunakan sistem B2C karena melakukan bisnis secara
langsung kepada konsumennya. Dimana joox berperan sebagai yang
memasarkan/menjual produk atau jasanya sedangkan konsumen tersebut berperan
sebagai pembeli/ yang menggunakan aplikasi tersebut. Joox ini merupakan
perusahaan yang memberikan pelayanan di bidang musik dan joox ini melakukan
premium.
Sumber pendapatan yang diperoleh
oleh Joox adalah Advertising Revenue Models, Subsibscripton Revenue Models, dan Free/Freemium
Revenue Models. Joox merupakan suatu situs yang bisa diakses gratis
oleh umum namun untuk dapat mengakses konten yang premium dikenakan biaya. Hal
tersebut membuat para penggunanya untuk membayar musik dengan berlangganan
supaya dapat mendownload lagu premium. Joox memperoleh pendapatan dari pengguna
yang streaming musik, berlangganan, dan iklan yang ada dalam aplikasi Joox itu
sendiri.
11. Erafone ( www.erafone.com )
Sistem
transaksi yang digunakan oleh erofone yaitu Business to Consumers (B2C)karena
erofene ini melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen. Erafone ini
memudahkan konsumen unuk memenuhi kebutuhan elektronik. Transaksi ini dilakukan
secara online.
Model bisnis yang digunakan adalah E-tailer.
Karena erafone bekerja sama dengan berbagai produsen gadget dan juga erafone
ini berperan sebagai distributor resmi. Disini eraone menjual barang langsung
ke konsumen dengan situs jual belinya. Pada situs ini sudah terdapat
prosedur-prosedur pembelian yang lengkap.
Sumber pendapatan yang diperoleh
erafone adalah Sales Revenue Model, Affiliate Revenue Model, dan Advertising
Revenue Model. Pendapatan erafone diperoleh dari penjualan langsung ke
konsumen dari web mereka. Di web mereka juga terdapat iklan yang bisa dijadikan
pendapatanya dan kerjasama dengan pihak penyedia barang atau modal untuk dijual
di web erafone.
Sistem transaksi yang digunakan oleh
citilink adalah Business to Consumers (B2C). karena Citilink melakukan
penjualan langsung kepada konsumennya.
Model bisnis yang digunakan adalah E-tailer.
Citilink menjual langsung produk ke konsumen secara online. Situs citilink ini
dapat diakses dengan menggunakan aplikasi iOS, Android, Windows phone,
Blackberry, dan pengguna internet.
Sumber pendapatan yang diperoleh
citilink adalah Sales Revenue Model, Affiliate Revenue Model, dan Advertising
Revenue Model. Pendapatan citilink diperoleh dari penjualan tiket. Dan
juga diperoleh dari afiliasi dan iklan yang ada di situs mereka yang bekerja
sama dengan pihak kedua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar